- Memahami spesifikasi produk dan psikologi pengguna
- Melakukan penelitian pengguna dengan berbagai metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif
- Menganalisis dan menafsirkan data yang ada (misalnya analisis web, survei pengguna, panggilan dukungan pelanggan) dan data penelitian pengguna sebelumnya yang mendukung lainnya.
- Mampu menginterpretasikan dan mengartikulasikan data dari penelitian menjadi wawasan yang bermakna yang akan menjadi solusi, misalnya berupa: Peta Empati, Persona, Cerita Pengguna, Peta Perjalanan Pengguna, dan semua alat yang mendukung kegiatan tersebut.
- Mampu membuat laporan dan mempresentasikan semua proses dan hasil penelitian kepada pemilik bisnis / produk dan tim terkait
- Merencanakan dan mengembangkan strategi konten dan arsitektur informasi
- Kembangkan gambar rangka dan prototipe di sekitar kebutuhan pelanggan
- Memahami bagaimana memilih metode evaluasi dan bagaimana melakukan studi kegunaan (Secara langsung vs jarak jauh, jarak jauh yang dimoderasi vs tidak dimoderasi jarak jauh, Pengujian Kegunaan vs Pengujian A/B, Evaluasi Heuristik, dll). Melakukan analisis dan menghasilkan rekomendasi berdasarkan hasil penelitian.
- Temukan cara kreatif untuk memecahkan masalah UX (misalnya kegunaan, kemampuan menemukan)
- Bekerja dengan desainer UI untuk menerapkan desain yang menarik
- Mengkomunikasikan ide desain dan prototipe kepada pengembang
- Tetap mengikuti produk pesaing dan tren industri
Persyaratan
- Sarjana atau Diploma jurusan Desain Komunikasi Visual, Multimedia, Ilmu Komputer, IT, atau yang terkait dengan Desain
- Terbukti pengalaman 3-5 tahun dalam Desain UX
- Memiliki pemahaman yang baik, bagaimana merancang dan melakukan pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif, untuk tujuan penemuan dan evaluasi
- Kemampuan untuk memahami kebutuhan pengguna, perilaku, pengalaman, dan motivasi pengguna melalui berbagai metode penelitian
- Kemampuan membangun kriteria, persyaratan, dan kebutuhan (product requirements) sehingga produk dapat menciptakan perjalanan pengalaman pengguna yang diharapkan.
- Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang kuat tentang desain interaksi dan arsitektur informasi
- Kemahiran dalam Marvel, Invision, Figma atau alat prototyping lainnya.
- Kemampuan untuk merancang, merencanakan, dan melakukan pengujian kegunaan dengan pengguna akhir untuk menguji hipotesis desain, fitur, dan alur kerja suatu produk.
- Kemampuan untuk memecahkan masalah secara kreatif dan efektif
- Keunggulan dalam pemikiran analitis, dan analisis data
- Keterampilan komunikasi yang unggul