9 Manfaat Networking Bagi Perkembangan Karier – Sebuah laporan di LinkedIn mengatakan bahwa hampir 80 persen profesional percaya bahwa komunikasi sangat penting untuk kesuksesan karier. Secara sederhana, komunikasi jaringan adalah tentang bagaimana jaringan dipelihara dan dibangun untuk jangka panjang dan saling menguntungkan satu sama lain.
Networking sendiri penting untuk pengembangan karir karena memiliki banyak manfaat. Jadi, inilah beberapa manfaat jaringan yang harus Anda ketahui.
Mengapa keterampilan komunikasi begitu penting?
Jika kita menyadari bahwa kemampuan komunikasi sangat penting bagi kehidupan manusia pada umumnya, terutama dalam dunia bisnis dan pengembangan karir. Berjejaring adalah salah satu keterampilan sosial yang harus dikuasai setiap orang untuk mengembangkan dirinya di masyarakat.
Keterampilan komunikasi yang praktis sangat dibutuhkan dalam membangun hubungan antara satu pihak dengan pihak lainnya. Hubungan ini tentunya penting untuk pengembangan diri dan modal sosial seseorang untuk mencapai tujuan hidupnya. Bagi dunia kerja, relasi dan jaringan tersebut cukup mendukung tercapainya jenjang karir yang baik dan lancar.
Oleh karena itu, berjejaring sering digunakan sebagai salah satu cara seseorang mendapatkan peluang kerja untuk peluang karir di masa depan. Jaringan dapat dibangun dalam suatu organisasi atau dalam masyarakat secara umum melalui komunitas yang berbeda.
9 Manfaat Networking Bagi Perkembangan Karier
Networking sendiri penting untuk pengembangan karir karena memiliki banyak manfaat. Nah, berikut ini beberapa manfaat networking yang harus Anda ketahui.
1. Dapatkan dukungan karir dalam bentuk referral
Rujukan adalah rujukan dari pihak ketiga ketika seseorang memiliki jaringan dalam urusan bisnis atau profesional. Rujukan juga dikenal sebagai rekomendasi yang dibuat oleh seseorang dengan kemampuan dan posisi tertentu kepada orang yang mengetahui atau mengetahui kinerjanya.
Dalam bidang networking, dukungan fungsional berupa rekomendasi menjadi aspek penting. Pasalnya, rujukan dapat diberikan secara lisan antara satu pihak kepada pihak yang dituju, atau secara tertulis secara formal dari satu pihak kepada pihak yang dituju. Orang yang menerima referal akan mendapatkan perhatian khusus karena rekomendasi tersebut, sehingga lebih diprioritaskan dalam evaluasi jika dalam hal melamar pekerjaan dll.
2. Dapatkan pekerjaan baru
Pernahkah Anda mendengar pepatah, “Banyak teman, banyak kekayaan?” Pepatah ini sepertinya juga berlaku saat membuat networking. Pasalnya, salah satu manfaat utama networking adalah memperluas akses lapangan kerja baru. Dengan referensi profesional dari jaringan ini, peluang Anda untuk diterima di perusahaan baru dapat meningkat sepuluh kali lipat.
Melalui jaringan, Anda juga dapat menemukan koneksi di bidang bisnis tempat Anda bekerja. Dengan begitu, peluang mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang Anda inginkan semakin terbuka. Untuk itu, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk membangun hubungan networking yang lebih bermakna dengan rekan kerja Anda. Mungkin keberuntungan Anda akan datang dari sini.
3. Bagikan ide
Tahukah Anda bahwa Anda hanya dapat menerima pengetahuan dengan membaca buku atau bahkan berita? Anda juga bisa mendapatkan ide atau wawasan baru dari jaringan Anda. Oleh karena itu, manfaat lain dari jaringan adalah Anda dapat bertukar ide tentang topik yang Anda minati dengan rekan kerja Anda. Ingat, Anda tidak akan tahu seseorang itu pintar atau memiliki visi yang luas sampai Anda berdiskusi dengan mereka.
4. Jadikan peran Anda lebih terlihat oleh orang lain
Terkadang banyak orang merasa sulit untuk membangun karir karena tidak berbeda dengan orang lain. Biasanya orang yang berada di posisi ini selalu berada di posisi yang sama. Dan jika mereka tahu, jaringan dapat membantu mereka memperbaiki situasi. Dengan berhubungan dengan banyak orang, dan memperkenalkan banyak rekan kerja, pengaruh Anda terhadap orang lain akan lebih besar. Peran Anda akan lebih terlihat oleh orang yang tepat. Apalagi jika Anda memiliki jaringan yang luas dalam hal klien, pesaing, bahkan rekan kerja.
5. Membantu meningkatkan rasa percaya diri
Bisa dibilang, manfaat utama komunikasi adalah membantu individu meningkatkan kepercayaan diri mereka. Hal ini dapat tercapai karena dengan adanya jaringan maka individu akan mendapatkan pengakuan dari orang lain dan bukan tidak mungkin pula dirinya mendapatkan dukungan psikologis.
Rasa percaya diri yang tumbuh karena jaringan ini dapat muncul ketika seseorang menerima pengakuan dan dukungan dari orang lain atas pencapaiannya. Tidak hanya itu, jaringan juga dapat membantu individu bangkit dari depresi atau kegagalan di dunia kerja. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa komunikasi dapat bermanfaat baik secara psikologis maupun material secara umum.
6. Kerjasama bisnis
Jaringan juga dapat membuka kemungkinan untuk kolaborasi antar perusahaan. Hal ini biasanya dilakukan oleh beberapa pengusaha dalam proses pengembangan usahanya. Kolaborasi hanya dapat berlangsung dengan mudah jika pemilik bisnis memiliki jaringan atau hubungan yang baik dengan pemilik bisnis lainnya.
Manfaat dari jejaring ini dapat ditemukan dalam workshop antara usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) dengan event organizer (EO) yang bekerja sama dan sebagainya. Kerjasama bisnis ini penting bagi perusahaan kecil maupun industri. Adanya jaringan tentunya akan mempengaruhi kelancaran dan kepercayaan antara para pihak dalam kerjasama bisnis seperti ini.
7. Dipromosikan dalam jabatan
Jaringan tidak selalu tentang membuat koneksi di luar tempat kerja. Langkah kecil lainnya yang bisa Anda lakukan adalah membangun jaringan yang baik di tempat kerja, terutama dengan atasan Anda. Melalui jaringan yang baik ini, atasan dapat belajar lebih banyak tentang kemampuan dan sikap Anda di tempat kerja.
Siapa di luar sana yang dapat menilai bahwa Anda memenuhi syarat untuk promosi di posisi tertentu, siapa tahu?
8. Membantu orang lain
Manfaat penting berikutnya dari membangun jaringan adalah kemungkinan dapat membantu orang lain. Caranya adalah dengan memberikan informasi tentang lowongan untuk jaringan Anda. Selain itu, Anda juga bisa memberikan rekomendasi positif kepada rekan kerja Anda di LinkedIn atau saat HRD menghubungi untuk meminta review yang jujur. Mungkin dengan upaya sederhana Anda, Anda dapat membantu orang lain mencapai kemajuan karir di masa depan.
9. Pengaruh terhadap pengembangan karir yang positif
Membangun dan memelihara jaringan dapat berdampak positif pada karier Anda. Apalagi jika Anda sedang membangun jaringan dengan orang-orang yang telah sukses dalam karir mereka. Anda akan lebih bersemangat untuk belajar dari mereka bagaimana mengembangkan karir ke level selanjutnya. Anda mungkin terinspirasi untuk membangun bisnis seperti mereka.
Tips Untuk Memulai Networking Yang Efektif
Agar kita dapat membangun networking yang baik dan efisien, kita perlu mengetahui tips berikut :
- Memberikan kesan pertama yang baik kepada rekan kerja baru
- Bersikap baik dan sopan
- Memberikan perhatian yang profesional dan efektif kepada rekan kerja
- Membantu rekan baru dalam masalah psikologis
- Bersedia menerima kritik dan saran, siap bertukar saran yang membangun
- Bicara tentang hal-hal kecil untuk dipelajari tentang gaya dan tema favorit rekan kerja Anda
- Beberapa tips di atas mungkin hanya beberapa hal penting yang perlu diingat ketika membangun jaringan untuk rekan kerja baru. Poin utama dalam memulai berkomunikasi secara umum adalah menjadi teman yang
- baik untuk diajak bicara atau mengobrol. Percakapan kecil dan santai biasanya merupakan awal dari membangun hubungan atau terhubung dengan rekan kerja baru.
Ini adalah metode dimana networking atau jaringan hubungan dapat dibentuk dan berguna untuk pengembangan karir individu. Melalui jejaring ini, kami berharap siapapun dapat terus berkembang dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Juga, jangan lupa untuk tidak terlihat terlalu terobsesi memiliki hubungan tertentu dengan atasan Anda dan menunjukkan konotasi negatif kepada rekan kerja Anda.
Temukan informasi pekerjaan yang cocok untuk anda di Dadang.my.id